Dr. Febrie Adriansyah, S.H., M.H.

12 Agustus 2022 admin Categories stories Tags ,

Dr. Febrie Adriansyah, S.H., M.H. Ketua Dewan Pembina Ikatan Alumni Universitas Jambi DKI Jakarta dan Sekitarnya merupakan Alumni Universitas Jambi, dari Fakultas Hukum Angkatan Tahun 1986, pada saat ini menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus sejak 10 Januari 2022, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta sejak 29 Juli 2021 lalu.

Pria kelahiran Jakarta, 19 Februari 1968 ini tumbuh besar di Jambi, dimasa Beliau duduk di bangku Sekolah Dasar, Febrie kecil dan remaja selalu dalam barisan ranking lima besar, hanya sewaktu Beliau SMA sempat nilainya jeblok. "Waktu itu saya lebih sering nongkrong" tuturnya, hingga akhirnya menamatkan pendidikan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Jambi hanya dalam kurun waktu empat tahun.

Salah satu kebiasaan unik Beliau adalah mencatat hal penting yang disampaikan dosen pada potongan kertas kecil, dimana kertas itu dimasukkannya ke dalam saku belakang celana, dan di dalam bus Unja (KPN), Beliau membuka catatan itu kembali untuk menghafalnya.

Debut Febri Adriansyah sebagai Jaksa dimulai di Kejaksaan Negeri Sungai Penuh, Kerinci pada tahun 1996 hingga jabatan terakhirnya di Kejari Sungai Penuh adalah sebagai Kasi Intelijen. Febrie kemudian berpindah-pindah tugas. Ia pernah menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Bandung, Aspidsus Kejati Jawa Timur, Wakajati Yogyakarta, Wakajati DKI Jakarta, Kajati NTT, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, dan pada saat ini Beliau menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus.

Dalam buku 65 Tokoh Perspektif Pemikiran Membangun Jambi disebutkan, saat menjadi Direktur Penyidikan (Dirdik) Kejaksaan Agung, Beliau banyak membongkar kasus besar. Febrie termasuk yang menyeret Jaksa Pinangki Sirna Malasari pada kasus Djoko Soegiarto Tjandra. Dia juga yang mengungkap kasus dugaan korupsi Jiwasraya dan Asabri senilai triliunan rupiah.